Thursday, December 20, 2018

Catatan akhir tahun 2018: Keriangan di balik kesulitan.



Saya diingatkan Fesbuk kalau saya pernah melayangkan kata-kata di atas itu di laman saya, tepat di tanggal yang sama, 20 Desember, tahun lalu. Dan kok ya pas, hari ini saya sedang ingin menuliskan catatan akhir tahun, seperti tahun-tahun sebelumnya. Dan tulisan itu pas dengan apa yang saya pelajari tahun ini.

Waktu tahun lalu saya lontarkan postingan itu, jujur saya cuma berpegang pada kata-kata yang terakhir, bahwa semua yang terjadi dalam hidup pasti ada maknanya. Tapi bahwa you can smile through the tears, itu bikin saya membatin yo opo, piye carane. 

Tapi tahun ini, terutama tahun ini, entah kenapa, saya merasa saya sedang sangat diajarkan buat mengerti arti itu semua.

--

Tahun 2018 dimulai dengan kehilangan yang beruntun.

Februari: kehilangan kolega dengan siapa saya sudah kerja bareng selama hampir 10 tahun – and a brilliant talent too yang sudah di plot untuk jadi generasi kedua di perusahaan!. Wedew mak. Rasanya.

Belum lagi sembuh dari kehilangan yang pertama, di bulan April ada dua kejadian: kehilangan uang – dalam jumlah yang lumayan untuk ukuran perusahaan semungil kami, lalu kehilangan Bapak mertua yang mendadak.

Pembuka tahun yang bikin nyesek.

Tentunya ya rasanya campur aduk. Kesal. Sebal. Sedih. Nelongso. Dan ada kekosongan yang tertinggal terutama dengan ketidakberadaan kolega saya, dan kepergian Bapak.

Tapi, setelah semuanya berlalu, saya sadar bahwa it was not all that bad. Tiap kejadian itu memberikan kesempatan untuk kejadian lainnya terjadi. In a good way.

Dan tiga itu justru bikin saya lebih siap menghadapi yang lainnya di tahun ini. Dan memaknai dengan lebih baik kehilangan-kehilangan lain di tahun sebelumnya. 

--

Kehilangan sering bikin kita merasa sedih. Ya kan?. Dan kadang jadi tergoda sekali untuk melihat bahwa kejadian-kejadian apes atau menyebalkan itu ya memang cuma bikin sebal. Tapi tiga kejadian di awal tahun ini cukup bikin saya sadar, bahwa di balik hal yang bikin mewek, atau jengkel, selalu ada yang bikin senyum. You really can smile through your tears!.

Sesuatu yang lumrah ya?. Tapi dalam kenyataannya, kan susah ya sebetulnya untuk bisa kita akui. Mewek ya mewek aja, gimana bisa senyum! #nyolot

Tapi betul sih, it was not all that bad.

Gara-gara kehilangan uang, tim kami tidak jadi pergi di bulan April. Alhasil, saya ada di Jakarta dan bukan beribu kilometer dari kota ini, saat kami menerima kabar tentang Bapak. Dan kami sekeluarga bisa mengikuti semua prosesi pemakaman Bapak di Pudak Payung. Buat saya yang sudah mengalami kehilangan Papa dengan mendadak juga tapi di saat saya bermil-mil jauhnya dari rumah, rasanya memang sudah cukup mengalami itu sekali saja seumur hidup. Jadi ada kelegaan saya hadir saat itu.

Saat saya menangis kehilangan Bapak mertua yang amat sangat baik pada kami anak-anaknya, saya tersenyum karena bisa mengucapkan selamat tinggal pada beliau.

Kehilangan rekan kerja yang handal, juga memberikan kesempatan lain.

Saya jadi bisa melihat dengan lebih jelas apa yang sebetulnya tim kami butuhkan. Jadi lebih bisa mencari kesempatan-kesempatan yang lain untuk mengisi kekosongan talenta. Ya tentunya bukan sesuatu yang mudah, tapi ternyata kami bisa melaluinya. Dan malah terasa makin kompak, sayapun jadi punya ruang buat memahami orang-orang lain di tim kami, dan mencari kombinasi-kombinasi yang terbaik.

--

Buat saya yang derajat sabarnya sangat tipis, melalui tiga kejadian itu tidak mudah. Maunya, rasa kehilangannya langsung pupus. Maunya, kekesalan yang ada karena kehilangan uang ya cepat pupus juga. Maunya, saya dapat pengganti kolega keren saya itu secepat mungkin.

Tapi hidup kan tidak begitu.

Dan akhirnya ada satu titik dimana saya merasa bahwa tidak ada salahnya melambat sesekali. Kelelahan mental obatnya bukan dengan terus berlari dan mengabaikan apa yang saya rasa, tapi justru saya harus diam sejenak.

Hening. Breathe in breathe out. Seperti dasar laut yang teraduk, dan bikin pandangan jadi kabur, kita butuh memberikan waktu agar air itu tenang. Menunggu pasirnya pelan-pelan mulai mengendap, supaya kita bisa melihat dengan lebih jernih.

Saat saya di titik lelah, dan memilih dengan sadar untuk hening dan berhenti untuk berdebat terutama dengan diri saya sendiri (ini yang paling susah!), di saat itulah saya bisa tersenyum dan melihat dengan jelas bahwa yang apes itu tidak selalu apes. Bahwa yang apes atau menyebalkan atau bikin sedih itu justru membuka jalan buat saya menyadari ada keriangan atau kesempatan yang lain. Bijak ya? #toyor

Tapi memang kita kadang sering lupa memberikan keheningan pada diri sendiri. Kita sibuk dengan debat di kepala, juga suara dari luar, tanpa sadar bahwa semua itu mengaburkan penilaian kita, mengaburkan suara yang paling jujur dari semua yang kita dengar: suara hati.

Saya percaya bahwa suara hati adalah bisikan Sang Maha buat kita. Dan di saat kita lelah, all that you need is some silence to search for that voice, listen to your heart, to what makes sense. To see that the horizon right in front of you, offers a clear view of what’s still and will be good in your life.

Dan setelah keheningan itu, yang ada adalah kejernihan. Dan juga, kesiapan buat menghadapi apapun yang lain yang akan terjadi.

Setelah merasa capek dan babak belur rasanya seperti ditabrak an invisible fast train berkali-kali, dan beberapa kali menyadarkan diri saya buat hening dan ‘merasa’ apa yang saya rasa, akhirnya malah bikin saya menghadapi tahun ini dengan, “OK deh. You want to mess with me?. You think I can’t face them?. Fine. BRING THEM ON!!”. 

Yaiya. Ada lagi lah kejadian-kejadian lain yang bikin kaget, melongo, dan tetap ada kehilangan-kehilangan lain. Tapi at least, saya bisa menghadapinya dengan kejernihan: ada keriangan di balik tiap kesulitan. Jadi, buat apa susah? #nyanyik

--

Bukan pelajaran yang heboh gimana gitu ya, tapi entah kenapa kok ya saya ‘kena’ kali ini dengan apa yang sudah dikirim ke jalan saya.

Dan semoga saja dengan itu, jalan ke tahun depan bisa lebih mudah karena saya sudah belajar buat melambatkan diri dan memberikan waktu bagi saya sendiri untuk menemukan kejernihan yang saya butuhkan. Life is never going to be easier nor simpler, but, I can make myself better in facing whatever challenges there are.

Mari sambut 2019 dengan kesiapan untuk sesekali melambat dan hening, supaya kita temukan lagi suara hati yang memberikan kejernihan. 


 


Dan, biarkan saya menghimbau karena 2019 juga akan ada kejadian penting di negeri ini: #Jokowi1periodelagi #tetapJokowi #Jokowiajalah #pesansponsor #jangankomennyampah

Tuesday, September 4, 2018

Belajar tentang survival dari sebuah kejatuhan


No I’m not a successful entrepreneur. Lha wong saya baru mau 8 tahun punya bisnis sendiri. Alasannya baru mulai hampir 8 tahun lalu juga klasik: saya takut gagal. Tipikal pegawai yang tahunya terima gaji tiap bulan, bayar pajak, tiap bulan masih ada yang bisa ditabung, rasanya sudah cukup. Berpikir punya usaha sendiri dengan resiko gagal dan menanggung ‘hidup’ orang lain itu cukup bikin bulu kuduk saya berdiri.

Tapi ada satu titik dalam hidup saya saat saya mikir, “Ah masa gue gak bisa. Cemen banget gue…”. Dan begitulah. Saya juga kebetulan ketemu teman yang rasanya pas jadi partner bisnis, ya sudah, mari melangkah.

Salah satu yang bikin saya berpikir harusnya saya bisa adalah karena I ALMOST hit rock bottom dalam mengelola usaha. Sekali, tapi super nyakitin.

--

11 tahun lalu, saat masih jadi pegawai sebuah perusahaan riset pemasaran multinasional, kantor cabang di Indonesia yang saya pimpin tahu-tahu harus menghadapi ancaman bangkrut. Penyebabnya: klien terbesar perusahaan, memutuskan untuk pindah ke lain hati, alias melalui proses bidding yang panjang, kami kalah dengan perusahaan lain. Ini terjadi di tingkat global alias diputuskan oleh headquarter perusahaan tersebut.   

Sebagai satu mata rantai dari area Asia Tenggara, Indonesia sayangnya salah satu yang terkena dampak paling besar karena disinilah bisnis dari klien tersebut berkontribusi lumayan signifikan dalam pendapatan perusahaan.

I had seen it coming sebetulnya saat kami harus menyusun anggaran untuk tahun 2017, di pertengahan 2016. Saya berusaha sekuat tenaga meminta kantor regional untuk menurunkan ekspektasi mereka, menurunkan target yang ditetapkan, karena saya khawatir dengan hasil dari bidding yang saat itu sedang berlangsung. But of course, mana didengerin cyiiiin. They were confident, dan saya sulit mempertanggungjawabkan alasan saya yang memang tidak bisa dijelaskan di atas kertas, karena yang bicara adalah insting.

So anyway. It happened. Lebih dari 50% pendapatan kantor saat itu, hilang.

Jengkel, marah, sedih. Campur aduk. Karena saya merasa it was not our fault, tapi juga di sisi lain saya sebal karena harusnya ada PR yang saya selesaikan di tahun-tahun sebelumnya. I just didn’t think fast enough to make it happened.

Saat menghadapi kesulitan itu, tiap bulan, pertanyaan saya pada Finance Manager kami selalu sama, “Kita masih punya uang nggak buat bayar gaji anak-anak?”. Saya juga minta gaji saya tidak perlu dibayar kalau memang uang yang ada tidak cukup untuk membayar gaji orang lain.

It was very painful. To feel worried all the time. To feel that you were responsible for other people’s well being.

Luckily we survived that super awful year. Saya mendapat banyak sekali pelajaran dari kejadian itu. Intinya sih, ada 6 yang paling penting, menurut saya.  




1. Saat anda berbisnis, pastikan bahwa bisnis anda tidak bertumpu hanya pada satu pilar – satu sumber. Entah itu supplier bahan baku jika anda memproduksi sesuatu, juga pembeli barang atau jasa anda.   

Pelajaran ini yang paling bermanfaat buat saya dari kesulitan 11 tahun lalu itu. Saat lebih dari 50% pendapatan perusahaan bertumpu hanya pada satu klien saat itu, kami butuh waktu setahun buat menggantikan yang satu dengan beberapa lainnya. Little by little, akhirnya perusahaan punya beberapa pilar pemasukan.

Dan sekarang, saat saya punya bisnis sendiri, setiap tahun kami juga me-review siapa sebetulnya pilar perusahaan ini. Kami punya sekitar 5 perusahaan yang menjadi klien yang cukup reguler yang berkontribusi pada hampir 50% pendapatan perusahaan. Selebihnya in and out. Belum ideal, karena saya inginnya punya 10 klien reguler yang berkontribusi pada 60 – 70% dari pendapatan sehingga bisa merasa lebih ‘aman’.

But the point is: pastikan usaha anda tersebar dengan baik. Tentukan siapa pilar anda, dan bagaimana anda akan mendapatkan dan mempertahankan pilar-pilar usaha anda itu.

Dan kalau dalam hubungannya dengan mata uang, kalau bisa, pastikan baik pengeluaran dan atau pendapatan terjadi dalam lebih dari satu mata uang, ya yang paling sederhana dalam rupiah dan dollar. Dengan demikian kalau ada apa-apa dengan salah satu mata uang, anda relatif bisa merasa lebih aman karena ada unsur saling menutupi atau bahkan ambil untung dari mata uang yang lebih kuat. Tapi saya tahu tidak semua bisnis bisa beruntung melakukan ini. But, it’s not impossible. Apalagi sekarang dimana dunia terhubung dengan sangat erat satu sama lain.  


2. Saat usaha anda dalam kesulitan, DON’T SHOW IT ON YOUR FACE saat anda ketemu tim anda. Dan dalam jaman media sosial sekarang ini, jangan tuliskan kegelisahan anda di media sosial yang bisa dibaca siapapun di tim anda.  

Yang paling melelahkan mental saya waktu itu adalah: setiap kali ke kantor saya harus siap masuk kantor dengan senyum walaupun hati selalu kebat kebit. Jadi kebiasaan saya waktu itu dalam perjalanan ke kantor adalah menyebutkan ‘mantra’ dalam hati: you’ll be OK, you’ll get out of this mess somehow. Dan berdoa, tentunya.

Perusahaan yang dalam kesulitan pasti selalu punya ancaman ini: mem-PHK karyawan saat keadaan jadi makin buruk. Tapi waktu itu janji kami adalah: tidak akan ada PHK. Tapi kan itu sebetulnya easier said than done. Jadi ya tiap hari saya harus berusaha tidak menunjukkan kekhawatiran saya karena saya tahu, itu hanya akan membuat situasi lebih buruk dan menurunkan motivasi orang lain.

So be cheerful no matter what. Ya begitulah memang resiko jadi leader: when things get tough, you should be the FIRST PERSON who can smile and hold other people’s hands (walaupun anda sebetulnya sedang butuh pelukan dan sandaran juga…. #tsaaaah).


3. Celebrate every little win, no matter how trivial it may seem, celebrate it. Nah ini kalau anda mau tulis di media sosial anda, silahkan. Public celebration and acknowledgement is good.  

Saat dalam kesulitan, semua orang butuh hiburan. Jadi waktu itu setiap kali ada yang akan mengirimkan proposal, saya minta menginfo semua orang. Kami semua mendoakannya. Dan jika harus melalui proses bidding dan menang, kami merayakannya. 

As simple as mengucapkan selamat melalui e-mail, atau dengan es krim atau kopi buat semua orang. Kelihatannya sepele, tapi saya yakin itu penting to keep people together, that we were in this together. Tidak ada yang meninggalkan siapapun. Every little win mattered for everyone.

Celebration is an energy. Sesepele apapun kelihatannya, rayakanlah. You never know how good it may make people feel.


4. Be honest.

Menyampaikan berita, apalagi kalau buruk, tidak pernah mudah, pasti. Tapi jujur tentang apa yang sedang dihadapi adalah selalu pilihan yang paling baik. Tapi tentunya, ada hal-hal yang tidak perlu diketahui semua orang karena kalaupun mereka tahu, tidak akan membantu keadaan. 

Dalam situasi sulit itu saya memutuskan setiap bulan saya akan mengirimkan update pada semua orang tentang dimana posisi keuangan kita saat itu, berapa sales saat itu dan apa maknanya buat perusahaan. Saya tahu, itu memberikan orang arah dan kepastian tentang kemana perusahaan sedang menuju. Paling tidak walaupun masih susah, tapi ada info sesusah apa sih.

Memang harus bijak memilih apa yang harus disampaikan, apa yang tidak, but being honest is always your best bet. It’s bad to keep people wondering. Unless you love bad gossips (or hoaxes, in today’s world)


5. Stress the word TEAMWORK. 

No man’s an island. Apalagi saat sedang dalam kesulitan, nggak ada orang yang senang ditinggal sendiri. Kebersamaan, selalu bisa jadi energi yang membakar semangat. Dan itu yang saya alami. Setiap pekerjaan saya selalu katakan itu adalah dari kita, untuk kita. Yaaa memang sih ada unsur kita juga harus berkontribusi pada ‘dompet regional’, tapi kita harus selamatkan dulu diri sendiri. And we couldn’t do it if we didn’t trust ourselves and the teamwork. 

Jadi anda juga jangan sok jadi pahlawan. Jadi pemimpin bukan berarti harus mikir sendirian, kok. Termasuk saat perusahaan sedang dalam kesulitan. Everything doesn’t have to be on your shoulders. Berada di puncak memang bisa terasa sepi, tapi, tidak selalu.


6. Keep your price.

Kalau dalam kesulitan usaha selalu ada godaan memberi diskon asal barang atau jasa cepat terjual. Saya justru berpendapat sebaliknya. Kemurahan hati memberi diskon dan harga yang lebih rendah dari biasanya cuma memberi signal bahwa anda cuma butuh duit. Dalam konteks industri jasa, ini bukan hal yang bijaksana. Bukan itu juga, nanti anda juga yang akan kesulitan mengembalikan harga anda saat bisnis mulai berjalan normal.

Bukan berarti hal ini tidak boleh dilakukan sama sekali, tapi tetap harus ada strateginya. Jangan membabi buta sekedar supaya bisa meningkatkan jualan, tapi intinya harus tetap pada: harga yang diberikan harus tetap sesuai dengan pelayanan yang prima dan itu, tidak pernah murah.

--

Saya ingin membagikan ini sekarang karena mungkin ada yang sedang deg-degan dengan kondisi usahanya thanks to  mata uang kita yang sedang meluncur.

Saya pribadi melihat keadaan ini persis seperti yang dulu saya hadapi: this is not what we want, not because we did anything wrong, not something that we can control, but shit happens out there and unfortunately we have to bear the consequences too. Gak pernah nyaman harus menghadapi hal-hal yang bukan gara-gara kita, tapi kan tetap harus dihadapi.

Jadi kalau, amit-amit, usaha anda ternyata harus merana gara-gara keadaan ini, ya semoga saja ada dari 6 point di atas yang bisa digunakan. Walaupun Darwin bilang yang survive itu bukan karena intelligence, tapi bagaimanapun juga, response to change is led by our intelligence and how strong we are mentally. At least saya percaya demikian dan rasanya sudah kurang lebih membuktikannya.

May we all survive the challenges we face. 


 



Catatan akhir tahun 2018: Keriangan di balik kesulitan.

Saya diingatkan Fesbuk kalau saya pernah melayangkan kata-kata di atas itu di laman saya, tepat di tanggal yang sama, 20 Desember, t...

Popular Posts